PROFIL DESA

GOGODESO adalah nama salah satu desa di Indonesia yang terletak kurang lebih 12 KM disebelah timur laut kota Blitar atau 140 KM dari kota Surabaya, Jawa Timur. Gogodeso masih berada di wilayah kecamatan Kanigoro dan Kabupaten Blitar.

Seperti desa-desa di Indonesia pada umumnya, desa Gogodeso merupakan kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas-batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat terutama diwilayah desa Gogodeso, berdasarkan asal-usul dan adat istiadat yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Desa Gogodeso memiliki luas wilayah kurang lebih 300,390 ha/m2 dengan perincian sebagai lahan sawah dan untuk pemukiman serta bangunan-bangunan.

Desa yang mengapit (berbatasan) dengan desa Gogodeso antara lain:

  • Desa Gaprang terletak disebelah utara desa Gogodeso
  • Desa Karangsono terletak disebelah timur desa Gogodeso
  • Desa Darungan terletak disebelah selatan desa Gogodeso
  • Desa Jatinom disebelah barat dari desa Gogodeso

Wilayah desa Gogodeso termasuk wilayah dataran rendah dengan ketinggian sekitar 50 meter diatas permukaan laut. Dari desa Gogodeso juga terlihat pegunungan yang menjulang dan berderet yang merupakan bagian dari pegunungan Selatan Jawa letaknya disebelah selatan dan jika dilihat pada pagi dan sore hari memiliki daya tarik dan keindahan tersendiri.

Desa Gogodeso merupakan daerah cukup air dalam artian merupakan daerah yang sumber air untuk pertaniannya sangat cukup tersedia. Curah hujannya mendukung maka dalam satu tahun dapat memanen padi sebanyak dua kali.

Desa Gogodeso terdiri dari 4 dusun yaitu dusun Dogong, Dusun Gogodeso, dusun Ngade, dan dusun Serut. Dusun Gogodeso terletak disebelah barat daya desa, Dusun Dogong terletak di sebelah barat laut, Dusun Ngade terletak di sebelah timur dan merupakan pusat dari pemerintahan desa Gogodeso, dan sedangkan dusun Serut terletak disebelah selatan.

Didesa Gogodeso juga terdapat salah satu tempat wisata yang cukup terkenal yaitu Bendungan Lodoyo, yang treletak di dusun Serut, merupakan salah satu pembangkit listrik yang ada di Sungai Brantas. Tempat ini sering dikinjungi para warga luar daerah, demi menyaksikan keindahan alam, memancing juga kadang menyaksikan pagelaran budaya juga musik dangdut.

Motto:

Hurub Hambangun Praja (Bahu membahu membangun masyarakat)

Penduduk: Jumlah 5.367 jiwa

Luas: 300.390 ha/m²

Pembagian administratif: 4 Dusun ( Gogodeso, Ngade, Serut, Dogong)

Kepala Desa: Choirul Anam, S.Ag.

Telepon: 0342 810307

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s